Suka Minum Kopi? Simak Cara Penyajiannya di Berbagai Negara.


Kopi terkenal sebagai minuman di berbagai negara di dunia, bahkan disetiap negara mempunyai cara mengolah dan minum kopi yang berbeda-beda. Begitu pula di ndonesia yang terdiri dari puluhan provinsi. Hebatnya lagi disetiap provinsi memiliki cara mengolah kopinya masing-masin, sesuai selera. Misalnya di warung-warung kopi di pinggir jalan atau di warung tegal, biasanya orang minum kopi tubruk, yaitu kopi yang digiling atau diolah secara kasar, lalu diseduh dengan air mendidih, dan diminum panas-panas bersama bubuk kopinya. Ada juga yang menyeduh kopi hanya dengan air termos, tetapi banyak pula yang merebus bubuk kopi sekaligus dengan gula bahkan di Yogyakarta kopi diseduh dengan bara arang yang masih menyala.

Beberapa penggemar kopi ada yang mempunyai cara unik, yaitu dengan menunggu 5 menit setelah kopi diseduh, baru dibubuhi dengan gula. “Rasanya lebih gurih”, jelas penggemar kopi tersebut. Tak jarang pula orang menyukai minuman kopi pahit, tanpa gula. Entah kenikmatan apa yang mereka rasakan dari rasa pahit itu. Tetapi, begitulah kalau orang sudah menyukai sesuatu. Dan inilah berbagai cara menikmani kopi dari berbagai negara di dunia,

Di Belanda :


Meminum kopi dihidangkan dalam seperangkat peralatan minum kopi. Terdiri dari baki, berisi satu teko air seduhan kopi, mug kecil berisi krim dan gula, ditambah segelas air putih matang.

Di Turki :


Pada acara minum kopi, bila ada orang yang disuguhi kopi pertama kali, itu berarti ialah orang yang dituakan atau dihormati. Juga isi secangkir kopi menentukan sikap si tuan rumah terhadap tamunya.

Di Prancis :


Terkenal dengan cafe au lait-nya yang diminum dngan croissant (roti bulan) yang dicelupkan ke dalam seduhan kopi. Biasanya dijadikan hidangan pada pagi hari. Sedangkan saat siang hari, minuman ini ditambahkan dengan minuman beralkohol tinggi.
 
Kopi vietnam yang sempat tenar beberapa waktu lalu

Di Italia :


Orang menyebutnya caffe latte. Cara memasaknya yaitu ¼ bagian kopi dicampur dengan ¾ bagian susu panas. Cara menghidangkannya yaitu gelas yang berisi seduhan kopi tersebut diberi irisan kulit jeruk berbentuk spiral atau irisan jeruk sunkist di pinggir gelas.

Di Jerman  :


Begitu sukanya akan kopi, bisa-bisa satu orang menghabiskan 5 cangkir kopi dalam satu hari. Biasanya diminum dengan permen atau kulit ikan.

Di Jepang :


Orang Jepang senang minum kopi dengan nanas.

Di Inggris :


Mereka sangat praktis, sehingga lebih suka dengan kopi dalam kantung yang diseduh air mendidih.

Di Amerika :


Mangkuk dari kaleng adalah wadah praktis yang dipakai orang-orang Amerika ketika minum kopi. Mungkin ini kebiasaannya para cowboy.

Di Mesir :


Orang Mesir mempunyai takaran khusus dalam membuat minuman kopi, yaitu 1/3 bagian kopi, 1/3 bagian gula, dan 1/3 bagian air. Dimasak dalam tempat khusus, yang sekaligus merupakan takarannya, untuk satu mangkuk, dua mangkuk, dan seterusnya. Mangkuknya kecil, seperti mangkuk mainan anak-anak. Setelah airnya diminum, maka ampas bubuk kopi dalam cangkir dikocok-kocok, lalu cangkirnya ditelungkupkan di piring alas  kopi tersebut. Setelah mengering, anda bisa memakainya untuk meramal nasib. Banyak pula orang Mesir yang memiliki kebiasaan minum kopi yang dicampur bubuk cocoa, irisan keju, dan jahe yang bisa menghangatkan badan, bila diminum saat musim dingin.

Lalu bagaimanakah cara anda meminum kopi? Yang pasti serumput dulu kopimu.

No comments:

Post a Comment