Diabetes Keturunankah?


Apakah nenek atau kakek dan ayah atau ibu anda terkena penyakit diabetes, begitu juga kerabat dengan kerabat kita lainnya yang membuat diabetes seperti penyakit turunan. Mengenai kepastian benar atau tidaknya diabetes penyakit keturunan mari kita kesampingkan dahulu, karena sebenarnya diabetes lebih tergantung bagaimana pola hidup kita. Dan pola hidup kita sepenuhnya tergantung pada pilihan kita sendiri.

Menditeksi dini penyakit diabetes selain dengan mengetahui faktor-faktor resikonya, cara menanganinya, kemudian melakukan pemeriksaan gula darah sebelum makan dan 2 jam sesudah makan secara berkala, satu kali dalam satu tahun bagi anda yang berumur di bawah 45 tahun atau dua kali setahun untuk anda yang berumur di atas 45 tahun.

Mengurangi konsumsi gula tentu yang harus kita lakukan bila konsumsi kalori kita sudah mulai berlebihan, gula bukan hanya berasal dari makanan yang manis-manis saja tetapi antara lain karena terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat dan camilan juga merupakan faktor yang menyebabkan kalori kita yang berlebih.
Hal yang tak kalah penting adalah melakukan olahraga minimal 50 menit tanpa henti 5 kali seminggu, bergabunglah dengan grup kesehatan, senam ataupun fines karena pola hidup yang sehat akan lebih sukses jika dilakukan bersama-sama. Kalau banyak teman, pasti usaha yang dilakukan akan lebih ringan.


Kesimpulannya adalah jika memang banyak anggota keluarga kita yang terkena diabetes maka kita harus lebih waspada dan mulailah dengan memperbaiki pola hidup sehat kita dengan cara-cara di atas, karena berdasarkan riset mereka yang mempunyai riwayat anggota keluarga yang banyak menderita penyakit diabetes, dua kali lebih besar kemungkinannya terkena resiko penyakit diabetes juga.

No comments:

Post a Comment