5 Tips Atasi Demam pada si Kecil


Demam adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Demam merangsang tubuh untuk menghasilkan dan mengerahkan lebih banyak sel darah putih (leukosit) dan antibodi guna membantu melawan infeksi. Beberapa peneliti percaya bahwa sangat penting untuk membiarkan demam sampai benar-benar berlalu.


Namun, demam pada batita (bawah tiga tahun) bisa jadi sangat mengkhawatirkan. Walaupun demam rendah tidak membutuhkan perawatan khusus, terkadang Anda ingin meredakannya demi kenyamanan sang buah hati.

Mengutip Wikihow, berikut tips mengatasi demam pada anak:

1. Ukur suhu tubuh anak pada saat demam


Ukurlah suhu tubuh anak menggunakan termometer digital. Anda akan mendapatkan penggambaran suhu yang paling akurat dengan pengukuran melalui dubur, tetapi bisa juga dilakukan melalui ketiak (namun cara pengukuran ini tidak terlalu akurat). Jangan pernah menggabungkan keduanya menggunakan termometer yang sama.

2. Mandikan batita


Mandi merupakan cara efektif untuk meredakan demam dan mampu bekerja lebih cepat dibandingkan obat-obatan karena air dapat menghilangkan panas dari tubuh dengan lebih cepat daripada udara. Mandi juga dapat digunakan untuk meredakan demam selagi menunggu efek parasetamol atau obat penghilang rasa sakit/penurun panas bekerja.

3. Tingkatkan minuman cairan


Demam dapat mengakibatkan dehidrasi yang dapat menjadi kondisi kesehatan serius. Dengan demikan sangat penting untuk menyuguhkan banyak cairan kepada anak guna menjaganya tetap terhidrasi. Air putih murni selalu menjadi pilihan terbaik, tetapi alternatif lain dapat juga digunakan jika anak Anda sangat pemilih. Tawarkan anak jus buah yang ditambahkan dengan air, air berasa, dan buah-buahan segar.

Teh herbal yang tidak mengandung kafeina (misalnya kamomil danpeppermint) juga dapat diberikan atau cairan elektrolit misalnya Aqualyte, yang dapat diberikan pada anak segala usia.

Baca Juga :


4. Optimalkan suhu kulit dan ruangan


Pakaikan batita satu lapis pakaian berbahan ringan untuk kontrol panas yang optimal. Setiap lapisan pakaian menahan lebih banyak panas di sekitar tubuh. Pakaian yang tipis dan longgar memungkinkan udara mengalir dengan lebih bebas.

5. Berikan obat penurun panas


Mengobati demam untuk membuat anak merasa lebih nyaman adalah langkah yang perlu dilakukan hanya pada saat-saat yang dibutuhkan, atau guna menurunkan demam tinggi yang dapat menyebabkan komplikasi serius. EKi

No comments:

Post a Comment