Kenali Glaukoma, Penyakit Mata Yang Berbahaya!!

Contoh Penyakit Glaukoma


Glaukoma atau glaucoma adalah kerusakan pada penglihatan akbat meningkatnya tekanan pada bola mata. Hal ini terjadi karena ketidakseimbangan antara produksi dan pembuangan cairan dalam bola mata, sehingga jaringan-jaringansaraf halus yang apa pada retina dan di belakang mata menjadi rusak.

Sampai saat ini glaukoma menempati urutan kedua penyebab utama kebutaan setelah katarak. Penyakit ini perlu diwaspadai karena gejalanya yang “tersembunyi”, dan banyak orang tidak menyadari bahwa mereka menderita gangguan ini. Itulah sebabnya terlambat terditeksi.

Penyakit Glaukoma sendiri dikenal memiliki empat jenis :

·         Glaukoma Sudut-Terbuka (Primer Primary Open-Angel). Berdasarkan penelitian sifatnya menurun ; Anda yang memiliki riwayat keluarga yang menderita glaukoma perlu waspada. Biasanya penyakit ini muncul pada sat dewasa dan berkembang secara perlahan dalam jangka waktu yang cukup lama, berbulan-bulan bahkan ada yang sampai tahunan. Perlu anda ketahui pada glaukoma jenis ini tidak terdapat gejala-gejala yang timbul.

·         Glaukoma Sudut Tertutup Akut (Acute Angle-Closure Glaucoma). Gejalanya cukup menggang, yaitu sering merasakan sakit mata yang hebat, sakit kepala sebelah, pandangan menjadi kabur dan tampak refleksi pelangi bila melihat cahay. Beberapa penderita bahkan sampai menderita mualhingga muntah-muntah.


·         Glaukoma Sekunder (Secondary Glaucoma), disebabkan oleh faktor lain seperti katarak, trauma, diabetes, atau akibat dari operasi mata sebelumnya.

·         Glaukoma Kongental (Congental Glaucoma), biasanya ditemukan pada saat kelahiran. Penyebabnya adalah sistem saluran pembuangan cairan pada mata bayi tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, tekanan pada bola mata yang terus meningkat sehingga menyebabkan pembesaran pada mata. Tanda-tandanya, mata bagian depan bayi tampak berkabut dan berair. Mata bayi juga menjadi sangat peka terhadap cahaya. Maka dari itu waspadai jika bayi and takut terhadap cahaya.


Glaukoma dapat didikendalikan dengan beberapa cara. Yang paling umum dilakukan adalah pengunaan obat tetes mata. Ada juga dengan pengobatan medis dengan sinar laser dan operasi yang semua bertujuannya untuk mengendalikan tekanan pada mata dan mencegah kerusakan yang lebih parah lagi. Tetapi jangan khawatir karena pengobatan penyakit glaukoma dapat dilakukan dengan cara tradisional (silakan baca artikenya klik disini) namun pengobatan terhadap penyakit glaukoma ini bukan untuk menyembuhkan kerusakan yang telah terjadi pada mata, tetapi untuk perawatan dan tindakan pencegahan. Bagaimanapun, tindakan yang paling baik untuk pencegahan adalah memeriksa kondisi kesehatan mata anda secara teratur.

No comments:

Post a Comment