Pernah Dengar Vitamin P? Ini Penjelasannya

Buah Jeruk

Jeruk, limau, anggur, buah ceri dan kismis sudah dikenal sebagai buah-buahan yang mengandung vitamin C. Namun tahukah anda bahwa buah-buahan tersebut juga mengandung vitamin P, dijamin pasti belum banyak yang tahu. Bahkan tentang vitamin P sendiri baru mendengar sekarang.
Bioflavonoid yang dikenal sebagai vitamin P adalah vitamin yang larut dalam air, sama seperti vitamin B kompleks dan vitamin  C. Ia terdiri dari sekelompok zat yang bewarna terang dan biasanya ditemani oleh vitamin C. Oleh karenanya vitamin ini terdapat pula pada buah-buahan dan sayuran yang diketahui sebagai bahan makanan yang mengandung dan sebagai sumber vitamin C.
Awal mulanya vitamin P ditemukan pada bagian segmen buah sitrun sebagai zat berwarna putih. Bukan di dalam jus buahnya. Disamping jeruk, limau, anggur, ceri, dan kismis, buah-buahan yang mengandung vitamin ini adalah aprikot (apricot) dan biji kopo hitam.
Vitamin P sama sekali bukan zat yang berbahaya bagi kesehatan, malah berperan penting dalam membantu penyerapan vitamin C. Penggunaan vitamin C oleh tubuh meningkat bila ada vitamin ini. Vitamin P amat vital untuk meningkatkan kekuatan kapiler dan mengatur daya permeabilitasnya, serta membangun semacam lapisan penyanggah terhadap infeksi. Pemberian vitamin P telah terbukti bermanfaat untuk mengobati kerusakan kapiler dan mencegah terjadinya pembengkakkan, terutama akibat olahraga.
Secara rutin vitamin P telah digunakan untuk mengobati pendarahan, juga pada penyakit wasir, dan menolong memperkuat dinding pembuluh darah terhadap kemungkinan pecah. Vitamin ini sudah dimanfaatkan pula pada pengobatan asma, juga untuk usaha pencegahan bahaya pengaruh sinar X.
Vitamin C dan P menambah kuat daya tahan kapiler serta mencegah masuk angin dan influenza. Vitamin C jika dikonsumsi bersama vitamin P bisa membantu mencegah kemungkinan keguguran pada wanita hamil. Keduanya juga berguna mencegah dan mengobati gusi berdarah, hemorrhage dan pembengkakkan. Defisiensi (kekurangan) vitamin C dan P dapat menimbulkan rematik.

Kebutuhan vitamin P setiap harinya belum diketahui. Karena dalam alam vitamin C ditemukan bersama-sama vitamin P, maka bila vitamin C cukup terpenuhi berarti P tercukupi pula. Jadi kesimpulannya, bahan makanan yang dimakan mengandung vitamin C bersama-sama vitamin P didalam tubuh akan diserap lebih baik daripada vitamin C sendirian. Dan akhirnya apabila anda mengupas buah jeruk, makanlah serat-serat yang masih menempel dipermukaan jeruk yang sudah dikupas itu,  jangan dibuang, sebab disitulah Vitamin P berada.

No comments:

Post a Comment