Beras Kencur Dan Manfaatnya


Bagi para ibu-ibu yang baru saja melahirkan, minuman beras kencur sangat baik untuk mengecilkan rahim dan mengurangi kemungkinan infeksi dalam kandungan. Beras kencur juga dipercaya berguna sebagai penambah nafsu makan, sebagai obat sariawan dan menghilangkan pegal-pegal.

Cara membuat beras kencur sangatlah mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal, cukup menyiapkan 2 sendok makan beras, kencur 3 ruas jari, jahe sepotong kecil, kunyit juga sepotong kecil, gula jawa 125 gram, asam jawa 1 sendok makan, dan garam secukupnya. Sebagai tambahan, jeruk nipis 1 buah dan sedikit daun pandan.

Mula-mula beras direndam dalam air bersih selama 3 jam, kemudian gula, kunyit, asam, jahe dan daun pandan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, ambil kencur, jahe dan kunyit yang diangkat dari rebusan tadi kemudian digiling dengan beras yang telah direndam 3 jam sebelumnya. Sesudah halus, air rebusan tadi sedikit demi sedikit dicampurkan pada gilingan kencur, jahe dan kunyit yang telah dihaluskan tadi. Setelah tercampur semua barulah disaring dengan kain yang bersih. Minum beras kencur dapat ditambahkan perasan air jeruk nipis dan sedikit garam. Jika kurang manis dapat ditambah gula pasir secukupnya.


Ampas dari saringan beras, kencur, jahe dan kunyit jangan dibuang karena dapat berguna sebagai parem, untuk mengobati bagian tubuh yang nyeri atau lebam terkena benturan. Selamat mencoba, sehat tak perlu mahal tapi yang terpenting kemauan berusaha membuat ramuan yang memang sedikit agak merepotkan, karena pada zaman sekarang ini kebanyakan dari kita yang hanya ingin semuanya serba instant.

No comments:

Post a Comment