Ayo Coba Resep Sambal Korek Sederhana


duniarecipe.blogspot.com

Di rumah lagi tak ada lauk? Mengapa tidak mencoba untuk membuat sambal korek saja? Sambal ini rasanya pedas dan gurih, dan yang terpenting pembuatannya sangat mudah, karena hanya memerlukan tiga bahan saja. Sambal korek ini cocok disajikan dengan nasi hangat . Lauknya boleh apa saja. Ikan asinpun jadi. Kalau saya, lebih suka dipenyetin sama tempe dan dicampur dengan kemangi. Rasanya? Siap-siap mulutmu terguncang.
Cara membuatnya sangat sederhana, yang penting ada cobek dan ulek. Tidak usah repot berbelanja di pasar, karena pada umumnya bahan-bahan ini sudah tersedia di dapur. Cukup siapkan beberapa siung bawang putih, cabe rawit sesuai selera dan garam secukupnya. Jangan terlalu banyak garamnya, karena bisa mempengaruhi rasa. Bagi yang tidak suka dengan bawang mentah, bisa digoreng sebentar. Ulek ketiga bahan tersebut di atas cobek hingga tercampur rata, lalu tes rasa. Tambahkan sedikit minyak bekas memasak ( Bahasa Jawa = jelantah) Kalau sudah pas, bisa langsung dihidangkan. Mudah bukan?


Sambal ini sangat cocok jadi teman makan aneka lauk yag digoreng. Bahkan di warung-warung terkenal, sambal korek sudah disajikan secara eksklusif sebagai pelengkap bebek goreng atau ayam goreng. Rasanya yang gurih memang sangat pas jika disantap bersama lauk tersebut. Atau kalau ingin lebih lengkap boleh ditambah lalapan. Sambal khas ini sudah menemani hidup saya sejak saya kecil, dan selalu merindukan masakan rumah. Sederhana, tetapi istimewa. Silakan dicoba.

No comments:

Post a Comment