Jangan Sembarangan Dicuci, Cek Apa Saja Bahan Makan Yang Tidak Boleh Dicuci!



Sebagian dari kita telah diajarkan untuk mencuci segala sesuatu yang akan kita makan. Namun masalahnya kita tidak tahu bahwa terkadang kebiasaan ini bisa membahayakan kita sendiri.

Ada beberapa jenis makanan yang bila dicuci maka bisa menyebabkan penyebaran bakteri lebih banyak dan risiko kesehatan lainnya.

Agar kita tidak salah, inilah jenis makanan yang tidak boleh dan harus dicuci.

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dicuci :


1. Telur


Bilang sama mamak jangan lagi dicuci telur ayam yah!!

Zat khusus pada telur diletakkan dicangkangnya untuk melindungi mereka dari kontaminasi bakteri.

Nah, air bisa menghancurkan perlindungan ini. Jadi sebaiknya jangan mencuci telur.

2. Ayam




Bakteri pada ayam sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Sehingga banyak orang yang berpikir mencuci ayam sebelum memasak membantu menyelesaikan masalah ini. Sayangnya itu tidak benar.
Ketika mencuci ayam, air bisa membantu bakteri menyebar ke tangan dan wastafel dapur. Saran terbaik adalah didihkan ayam dua kali. Setelah mendidihkan pertama, ganti air dengan yang baru, lalu didihkan lagi.

3. Daging

Sama dengan ayam, jangan pernah mencuci daging segar. Karena bisa menyebar bakteri. Cara terbaik sama dengan ayam, didihkan daging dengan suhu tinggi.

4. Pasta


Menurut koki, mencuci pasta dengan air bisa menghilangkan pati yang membantu menyerap saus dengan lebih efektif. Sebaiknya, cuci pasta hanya setelah mereka selesai dimasak.

5. Jamur



Kita tidak bisa merendam jamur di dalam air dalam waktu lama karena mereka menyerap air dengan baik. Sebaiknya bilas dengan cepat dan keringkat dengan tisu.

Jenis makanan yang harus dicuci :


1. Buah dan sayuran yang kulitnya bisa dimakan 

Buah dan sayuran yang kulitnya bisa dimakan. Jangan gunakan sabun. Cuci dengan air dingin lalu keringkan dengan tisu atau serbet.

2. Makanan kaleng




Bakteri tidak bisa masuk ke dalam makanan kaleng. Namun jika kita tidak mencuci kaleng maka bakteri bisa masuk setelah dibuka.

3. Kacang-kacangan





Kita harus selalu mencuci kacang, bahkan setelah dikupas. Karena kita tidak tahu di mana bakteri tersimpan.

4. Buah-buahan dengan kulit yang tidak bisa dimakan



Buah-buahan dengan kulit yang tidak bisa dimakan. Cucilah yang kita beli. Seperti apel, semangka, melon, mangga, dll. Sebab mereka dianggap salah satu buah yang kotor. Atau kita bisa merendamnya selama beberapa jam.

No comments:

Post a Comment