Anak Demam, Salah Jika Komres Anak Di Kening, Ini Yang Benar


Menurunkan demam dengan memberikan kompres di dahi/jidat yang selama ini sering dilakukan ternyata hal yang keliru. Spesialisasi Kedokteran Anak Dr. Mulya Rahma Karyanti mengatakan, mengompres yang benar adalah pada daerah lipatan.

"Orang tua seringkali salah memahami bahwa mengompres itu di bagian jidat anak yang demam. Yang dikompres sebenarnya daerah lipatan, seperti ketiak dan pangkal paha. Kalau di jidat, tentu terhalang oleh tengkorak kepala," katanya di Jakarta, seperti dilansir dari Antara, Rabu (20/1/2016).

Selain memberikan informasi tentang kompres pada anak yang sedang demam, Karyanti juga menjelaskan bagaimana pertolongan pertama pada anak yang demam secara tiba-tiba dan diduga terkena demam berdarah dengue (DBD). Menurutnya, prinsip obat pada anak penderita DBD adalah dengan memberinya banyak cairan agar tidak dehidrasi.

"Jika anak demam mendadak dengan suhu yang tinggi, berikan saja minum air putih sesering mungkin agar tidak dehidrasi. Bisa juga dengan memberi minuman bernutrisi seperti jus," ujarnya.

Selain air putih dan jus, cairan elektrolit, seperti susu dengan nutrisi yang lengkap juga dapat diberikan pada anak berusia 7-12 tahun. Karyanti menambahkan, pemberian obat penurun panas yang memiliki kandungan paracetamol sebaiknya diberikan selama empat jam sekali.

No comments:

Post a Comment