Ini Cara Sehat Memasak Nasi, Ibu Wajib Baca!!


Sebagai makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia, nasi memiliki banyak kandungan yang beguna bagi tubuh. Secangkir nasi mengandung 53 gram karbohidrat, 242 kalori dan 4,39 gram protein, seperti dilansir manfaat.co.id (retrieved 25/10/17).


Ada kandungan lainnya, seperti zat besi, fosfor, potassium dan nutrisi lainnya dalam jumlah kecil. Karena itu, nasi bermanfaat sebagai sumber energi dan menunjang pertumbuhan.


Pada awalnya, nasi dimasak menggunakan dandang dan aseupan (terbuat dari bambu dan berbentuk kerucut). Namun pemasakan nasi dengan cara tersebut cukup merepotkan, tidak praktis. Sekarang ini nasi lebih banyak dimasak menggunakan rice cooker. Namun, amankah memasak nasi menggunakan rice cooker?

Seperti dilansir antaranews.com (04/10/17), pakar gizi, Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc. menyatakan bahwa nasi memiliki indeks glikemik tinggi yang bisa meningkatkan kadar gula darah secara cepat.

Dalam jangka panjang, makanan dengan tingkat glikemik tinggi bisa memicu penyakit diabetes.

Sebuat penelitian lain mengabarkan indeks glikemik tinggi mengakibatkan obesitas, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Untuk menghentikan kenaikan indeks glikemik perlu dilakukan proses pendinginan nasi.

Jadi nasi yang dimasak menggunakan rice cooker cukup aman untuk dikonsumsi, selama tidak dipanaskan secara terus-menerus.

Referensi

https://manfaat.co.id/

http://www.antaranews.com

No comments:

Post a Comment