Buah Ini Dulu Dianggap Hama, Sekarang Harganya Mahal Lho! Ini Manfaatnya



      Ciplukan yah siapa yang tak kenal dengan tanaman satu ini, mungkin hanya berbeda nama di setiap daerah di Indonesia, tanaman yang dulunya di remehkan dan di anggap sebagai tanaman pengganggu yang ada di sawah atau kebun, tanaman yang memiliki nama latin physallisa ahgulata L  kini sedang naik daun dan semakin mahal harganya di karenakan semakain dikenal berkat khasiat dan manfaat yang terkandung di dalam buah ciplukan ini.



Beberapa penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa didalam buah mungil satu ini memiliki banyak kandungan yang berkhasiat dan bermanfaat bagi tubuh manusia, diantaranya adalah Saponin,  Flavonoid pada daun dan tunasnya.

    Polifenol,Asam palmitat dan Stearat, Elaidic acid pada bijinya. Alkaloidpada akarnya. Withangulatin A, Chlorogenik acid, C27H44O-H2O pada batang dan daunnya. Tannin, Kriptoxantin, Vitamin C dan Gula tanin,danFisalin pada buahnya.

Kini sudah jelas jika tanaman ciplukan memiliki sejuta manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Dan sudah jelas juga bahwa tanaman ini memang pantas di hargai mahal dari apa yangdi kandung di dalam buah ciplukan itu sendiri, mulai dari akar sampai daun dan buahnya memiliki manfaat dan khasiat yang baik bagi tubuh.


Nah berikut ini manfaat dan khasiat tanaman ciplukan secara lebih jelas sekaligus cara pengolahannya :


Mampu Menyembuhkan Penyakit Jantung


Salah satu dari manfaatdan khsiat tanaman cipkukan dapat mengobati gangguan jantung. Berikut inicara-caranya dengan mengambil 40 helai daun ciplukan dan dihancurkan dengan ditumbuk atau di blender seperti jus, lalu minum tanpa campuran apa pun. Selain di buat jus lalu di minum, daun tanaman ciplukan bisa langsung di makan setelah dicuci bersih, dijadikan lalapan ataupun salad.

Mampu Mengobati Asma


Mengolah tanaman ciplukan menjadi obat asma sangatlah mudah cukup ambil daun dan batang dari tanaman ciplukan lalau rebus dan minumair rebusan dari tanaman ciplukan tersebut. Atau ambil daunnya lalu campurkan dengan kapur sirih lalu hancurkan dengan menggunakan dua telapak tangan. Lalu basuhkan dengan air secukupnya. Setelah itu gumpalkan pada telapak tangan hingga air berwarna hijau keputih-putihan sera ada buihnya. Lalu oleskan pada bagian dada,punggung, dan perut.

Mampu Mengobati Kurap


Penyakit kurap memangsangat mengganggu. Selain membuat tidak nyaman dan juga merusak penampilan jika terjadi pada bagian tubuh yang terbuka. Untuk mengobati penyakit kurap cukup hancurkan daun tanaman ciplukan dan oleskan atau balurkan pada bagian kulityang terkena penyakit kurap.

Mampu Menurunkan Demam


Bukan hanya daunnya dan batangnya, buah ciplukan juga bisa langsung dikonsumsi setelah di cuci bersih,untuk menurunkan demam ataupun panas terutama pada anak-anak.

Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Buah ciplukan juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi secara berkala. Dengan cara meminum air rebusan dari daun, buah dan akar tanaman ciplukan selama tiga minggu berturut-turut.

Mampu Membersihkan Kencing Kotor


Dengan cukup meminum air rebusan dari akar sampai pucuk buah tanaman ciplukan. Mamapu membersihkan kenci kotor saat buang air.

Mampu Mengobati Kanker Payudara


Penyakit kanker salah satu penyakit yang sangat mengerikan di era sekarang, salah satunya kanker payudara yang banyak menyerang wanita tetapi dengan tanaman ciplukan kanker payudara bisa di sembuhkan dengan cara pucuk tanaman ciplukan muda di campur dengan empat biji beras dan tunas kunyit. Lalu digiling atau di tumbuk sampai halus. Selanjutnya langsung saja di tempelkan pada payudara.

Baca Juga :


  1. Nyeri Haid, Atasi Dengan Ramuan Alami Ini
  2. Petai dan Sakit Pinggang
  3. Rahasia Ramuan Alami Mengatasi Tubercolosis (TBC)
  4. Ramuan Ampuh Menyembuhkan Keputihan
  5. Ramuan Mujarab Tradisional Mengatasi Asam Urat
  6. Ramuan Rahasia Menghilangkan Rasa Sakit Pada Gigi Berlubang
  7. Ramuan Rahasia Menyembuhkan Penyakit Kuning
  8. Ramuan Tradisional Detoksifikasi Ginjal
  9. Ramuan Untuk Menyembuhkan Penyakit Eksim (Exeem)
  10. Sakit Kepala? Bisa Jadi Akibat Kurang Darah
  11. Sering Sakit Pinggang? Ini Obatnya
  12. TIPS MELENYAPKAN RASA MUAL WAKTU HAMIL
  13. Tips Ampuh Mengatasi Bayi Yang Mencret

Mampu Menghilangkan Penyakit Kuning Pada Bayi Baru Lahir


Ternyata buah ciplukan juga mamapu menghilangkan penyakit kuning pada bayi yang baru lahir , dengan cara ciplukan di jemur sampai kering kemudian di campurkan pada saat memandikanbayi yang baru lahir.


No comments:

Post a Comment