Waspadalah!! Deteksi Dini Ciri ciri Kanker Kelenjar Getah Bening!


Diseluruh tubuh pastinya terdapat kelanjar getang bening. Untuk normalnya kelenjar getah bening ini dapat diraba. Akan tetapi, untuk beberapa area tertentu seperti pada leher, dagu, ketiak paha umumnya dapat diraba dengan ukuran kurang dari 1 cm, tidak akan terasa nyeri atau membesar.
Namun, ada yang perlu anda pehatika jika telah terjadi gangguan pada kelenjar getah bening, karena dapat saja itu merupakan kanker pada bagian tersebut.

Lalu apa ciri-ciri kanker kelenjar getah bening?


Untuk ciri-ciri kanker kelenjar getah bening ini sangat berbeda, tergantung dari jenis kanker tersebut, seperti kanker getah bening yang biasa disebut limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin. Memang jenis kanker ini terlihat sama namun sebenarnya berbeda.


Biasanya orang yang terkena kanker getah bening jinis Hodgkin ini memang terlihat tetap sehat. Namun yang perlu anda waspadai pada saat menemukan ciri-ciri kanker kelenjar getah bening jenis ini.

Demam dan mengigil


Penurunan berat badan yang tidak jelas penyebabnya


Gatal-gatal


Peningkatan sensitivitas kepada efek alkohol, akan terasa sakit pada saat kelenjar getah bening setelah minum alkohol


Kehilangan selera makan


Kelelahan yang terus-menerus


Adanya pemberasan getah bening pada lehe, ketiak, selakangan, tanpa disertai dengan rasa sakit




Ada beragam ciri-ciri kanker kelenjar getah bening yang akan terjadi pada jenis ini. Namun tergantung dari lokasi kanker, pada beberapa kasus kemungkinan adanya kanker tidak menimbulkan sejumlah gejala apapun hingga pada akhirny sel kanker akan berkembang besar.

Pembengkakan dan rasa sakit pada perut


Nyeri dan perasaan tertekan di dada

Demam


Berkeringat di malam hari


Kurang sel darah merah (anemia)


Pembersaran kelenjah getah bening yang berada di ketiak, leher, selakangan, yang tidak terasa sakit.


Walau makan sedikit tapi sudah terasa kenyang


Sesak napas disertai batuk


Penurunan berat badan tanpa sebab


Kelelahan ekstream


Jika anda menemukan beberapa ciri-ciri kanker kelenjar getahbening tersebut alangkah baiknya untuk langsung melakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini untuk memastikan penyebab dan keluhan yang terjadi pada tubuh anda.

No comments:

Post a Comment