Cek Arti Kode PLU pada buah

Contoh lebel  buah yang sering kita beli! Ngutang bisa gak yah...


Suka makan buah? Itu kebiasaan baik. Teruskan saja. Hanya saja, mulai sekarang, lebih telitilah saat membeli buah. Perhatikan baik-baik stikernya.


Angka pada stiker buah bukan sekadar nomor. Itu kode PLU. Menjelaskan di mana buah ini diproduksi, bagaimana prosesnya tumbuh, jenis buah, dan berbagai keterangan lainnya. Biasanya, angka stiker yang bisa berupa empat digit dan lima digit juga menandakan bahwa buah-buahan itu diimpor dari negara lain.

Jika kode PLU ini terdiri atas lima digit dan dimulai dengan angka 9, itulah yang paling baik. Produk buah ini ditanam secara organik tanpa menggunakan bahan pestisida. Sangat aman untuk dikonsumsi.

Namun bila kode PLU ini ada lima digit dan dimulai dengan angka 8, sebaiknya jangan memilihnya. Buah ini diproduksi dengan genetically modified organism (GMO). Direkayasa secara genetik. Dikhawatirkan memiliki kandungan yang kurang baik bagi tubuh.

Bila kode PLU empat digit dan dimulai dengan angka 3 atau 4, maka buah ini adalah hasil produk tradisional namun masih menggunakan penyubur tanaman, pestisida, atau bahan kimia lainnya. Bersihkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

No comments:

Post a Comment