Cegah Kanker Payudara!!!



Pengidap kanker payudara semakin bertambah. Faktor genetik dan gaya hidup menjadi penyebabnya. Karena itu, perempuan milenial sekarang didorong untuk selalu periksa payudara secara rutin.

Untuk pengecekannya sendiri tidak begitu sulit. Direkomendasikan Kementerian Kesahatan RI, Anda bisa melakukannya sendiri di depan cermin. Yang harus dikerjakan adalah:
  • Perhatikan payudara Anda sendiri.
  • Berdiri tegak dengan kedua tangan berada di samping tubuh. Titik perhatiannya ada di permukaan dan warna payudara. Kemudian, puting juga harus dilihat.
  • Letakkan tangan di pinggang dan tekan dengan kuat untuk mengencangkan otot dada. Perhatikan payudara dari sisi kiri ke kanan.
  • Kemudian, membungkuklan di depan kaca sehingga payudara terjulur ke bawah. Perhatikan dan raba untuk memeriksa apakah ada perubahan tertentu pada payudara.
  • Tautkan kedua tangan di belakang kepala dan tekan ke dalam. Perhatikan kedua payudara Anda, termasuk di bagian bawah.
  • Periksa apakah terdapat cairan yang keluar dari puting Anda. Tempatkan jempol dan jari telunjuk Anda di sekitar puting, lalu tekan perlahan, dan perhatikan apakah ada cairan yang keluar. Ulangi pada payudara yang lain.


Sementara itu, bicara mengenai pencegahannya sendiri, saya pernah bertanya langsung kepada dokter rujukan untuk beberapa artikel kesehatan yang saya buat, dan beliau merekomendasikan semua perempuan untuk menaikkan asupan kedelai mereka untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Selanjutnya dokter mengatakan bahwa dia selalu menganjurkan kepada pasiennya untuk  mengkonsumsi makanan seperti tempe, tahu, edamame, dan susu kedelai. Karena penelitian yang lebih baru telah menunjukkan manfaat kedelai dalam pencegahan kanker payudara. Dia juga menganjurkan para perempuan untuk menambahkan sayuran dari keluarga kubis dan buah kaya antioksidan di asupan makanan setiap harinya. Ada juga satu buah tertentu yang sangat dia dukung yaitu Gooseberry India karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Berbicara tentang kedelai berbahaya, dia berkata: “Ini mitos, ayo sama-sama kita hancurkan pendapat yang salah ini. Lima penelitian besar sejak 2009 menunjukkan bahwa jika Anda mengkonsumsi whole food soy, ini adalah anti-estrogen dalam tubuh Anda.”

Dokter juga mengingatkan perempuan tanpa riwayat keluarga kanker payudara agar tidak merasa puas dengan tindakan pencegahan karena 90 sampai 95 persen kasus kanker payudara tidak turun-temurun. Tetapi bagi mereka yang membawa gen BRCA1, yang secara substansial meningkatkan risiko kanker payudara dan ovarium.


Ada 1,7 juta kanker payudara invasif yang didiagnosis secara global tahun ini. Kesimpulannya saya mengingatkan kepada anda para wanita yang merupakan mahluk terindah dimuka bumi ini, periksalah payudara anda sekarang juga sebelum terlambat dan untuk pencegahan seringlah mengkonsumsi kembang kol, brokoli, kangkung, kubis, dan brussels sprouts yang memiliki sifat anti-kanker yang kuat. Ini karena kandungan glukosinolatnya yang bila dipecah atau dikunyah, enzim yang disebut myrosinase mengubah glukosinolat menjadi isothiocyanates - yang memiliki efek anti-inflamasi dan anti-angiogenik. Dan juga perbanyaklah mengkonsumsi buah kaya antioksidan  seperti blueberry, stroberi, raspberry, dan blackberry semuanya kaya akan antioksi dan buah ini bisa mencegah radikal bebas. *Ekik*

No comments:

Post a Comment