Mau Nasi Goreng Buatan Anda Jadi Lebih Enak, Ini Rahasianya




Nasi goreng adalah salah satu kuliner yang sangat populer dan sangat akrab di lidah orang Indonesia. Makanan ini bisa ditemukan diseluluh penjuru Nusantara. Mulai dari kota besar sampai pelosok daerah akan banyak sekali kita temukan tempat-tempat yang menjual nasi goreng. Bahkan di rumah pun, nasi goreng adalah salah satu makanan yang paling sering disajikan karena mudah membuatnya dan tidak terlalu sulit penyajiannya.

Pagi hari, sebelum anak berangkat sekolah, tinggal kita siapkan nasi putih, bawang merah, bawang putih, telur dan garam, jadilah nasi goreng sederhana. Sungguh sangat mudah dan praktis bukan

Seiring perkembangan kuliner saat ini, nasi goreng telah banyak dimodifikasi dengan bermacam-macam varian rasa. Sering kita temui para penjual nasi goreng sekarang tak selalu disajikan bersama telur, tetapi mulai bermunculan nasi goreng sea food, nasi goreng ikan asin, nasi goreng sosis, nasi goreng petai, bahkan nasi goreng khusus untuk vegetarian, dan banyak lagi variasi yang membuat nasi goreng menjadi lebih enak dan lezat.

Baca Random Artikel Lainnya :







Nah, bicara soal enak dan lezat, apapun nama nasi gorengnya, ada salah satu bahan wajib yang kita perlukan saat memasak nasi goreng, yaitu bawang putih. Tetapi ada salah satu rahasia yang mungkin tidak kita ketahui, mengapa rasa nasi goreng yang dibuat oleh para penjual nasi goteng terasa lebih enak daripada buatan kita sendiri. Dan ternyata kuncinya terletak pada perlakuan bawang putih itu sendiri

Kebanyakan dari kita, saat memasak nasi goreng, bawang putihnya langsung digeprek atau hanya diiris saja. Ternyata ada satu tips yang akan membuat rasa nasi goreng akan terasa lebih enak dan lezat. Bawang putih yang akan dipakai untuk memasaj nasi goreng ssebaiknya kita jadikan "baceman" atau difermentasi terlebih dahulu. Seperti apa caranya?

1. Pilihlah bawang putih yang bagus seperlunya (biasanya kulitnya berwarna kecoklatan) kemudian ditumbuk kasar.

2. Cuci bersih tumbukan bawang putih tersebutkemudian keringkan. Ingat!! Harus benar-benar kering, tidak boleh ada air sedikitpun.

3. Tumbahkan kemiri yang beberapa butir saja yang sudah dihaluskan, campurkan ke dalam sebuah wadah atau toples kaca yang kedap udara.

4. Masukkan minyak goreng dalam toples hingga merendam campuran baeang putih dan kemiri tadi, kemudian tutup rapat dan simpan sampai berfermentasi.

5. Waktu fermenttasi paling cepat 3 hari, semakin lama semakin baik.

              Sesederhana itu, tetapi efeknya akan membuat nasi goreng yang kita buat akan lebih enak dan lezat bila dicampurkan baceman bawang tersebut. Kita bisa menggunakan baceman bawang yang kita simpan sampai satu bulan asalkan selalu kedap udara (selalu tutup rapat setelah digunakan) dan tidak tercampur bahan lan, misalnya air. Selain untuk nasi goreng, baceman bawang ini bisa juga dipakai untuk masakan lain seperti mi goreng atau aneka tumisan. Silakan langsung praktekkan dirumah, dan bandingkan rasa nasi goreng atau masakan lainnya. Dijamin akan lebih enak dan lezat.

No comments:

Post a Comment