Cek Manfaat Jengkol Yang Luar Biasa Ini

Siapa Yang Jengkol? Mantap..


       Jengkol sering disajikan sebagai lauk maupun menu utama yang cukup digemari masyarakat. Walaupun memiliki aroma yang tajam, jengkol tetap menjadi salah satu makanan favorit. Hal ini berkaitan dengan rasanya yang khas dan juga teksturnya yang lembut bila diolah dengan benar. Bahkan kini masyarakat mengkonsumsi jengkol untuk camilan. Manfaat jengkol sendiri ternyata belum banyak diketahui oleh masyarakat umum, padahal sayuran ini cukup ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh lho. Berikut ini beberapa khasiat jengkol untuk kesehatan tubuh kita :


1. Pembentukan Jaringan Tubuh


Jengkol memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat membantu pembentukan jaringan dalam tubuh.
2. Mencegah Anemia


Kandungan zat besi pada jengkol memiliki peran penting dalam mencegah dan mengatasi kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Apabila tubuh kekurangan zat besi, maka produksi sel-sel darah merahpun akan berkurang. Akibatnya suplai oksigen dan zat-zat makanan untuk sel-sel tubuh juga akan berkurang yang akan menimbulkan turunnya fungsi sel. Maka dari itu jengkol sangat baik dikonsumsi terutama oleh wanita yang sedang menstruasi.

3. Mencegah Tulang Keropos / Memperkuat Tulang dan Gigi


Kandungan kalsium dan fosfor dalam jengkol sangat dibutuhkan oleh tulang. Kedua zat ini dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis). Jadi, sering mengkonsumsi jengkol dengan porsi yang cukup dapat memperkuat tulang kita.

4. Membasmi Radikal Bebas

Jengkol juga mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan dapat meningkatkan ketajaman indera penglihatan. Selain itu vitamin A dan vitamin C juga berperan sebagai zat antioksidan. Antioksidan sendiri dikenal ampuh menangkal zat-zat radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.


5. Mengatasi penyakit jantung


Kandungan mineral pada jengkol dapat melebarkan pembuluh darah yang menyempit serta mencegah pembuluh darah menyempit kembali. Supaya khasiat jengkol menjadi optimal, sebaiknya kita tidak memasak jengkol terlalu matang (overcooked). Selain itu, jengkol memiliki efek diuretic (pembuangan urine menjadi lancar). Pembuangan urine yang lancar sangat baik untuk para penderita penyakit jantung.


6. Merampingkan perut


Kandungan serat yang cukup tinggi pada jengkol dapat melancarkan BAB sehingga secara tidak langsung akan membuat perut langsing.


7. Jengkol dapat menstabilkan organ-organ penting dalam tubuh


Jengkol memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Kita ketahui bahwa organ-organ penting dalam tubuh akan berfungsi dengan baik dan stabil bila tubuh terpenuhi kebutuhan asam folat dan vitamin B6. Maka dari itu jengkol juga dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mencegah kecacatan bawaan pada bayi.



8. Mengontrol kadar gula darah


Ternyata jengkol juga dapat mengontrol kadar gula darah lho. Jengkol mengandung zat gula yang mudah diurai sehingga aman untuk penderita diabetes.


Nah, itulah beberapa manfaat jengkol. Namun perlu diketahui juga bahwa jengkol mengandung asam jengkolat yang tidak bisa disaring oleh ginjal. Maka dari itu, bagi penderita gangguan ginjal sebaiknya tidak mengkonsumsi jengkol karena akan semakin memperburuk kondisi organ ginjal anda. Selain itu, konsumsi jengkol perlu dibatasi, yaitu hanya 3 hingga 10 gram per hari. Porsi ini adalah takaran yang sesuai bila kita ingin tetap sehat meski mengkonsumsi jengkol setiap hari.

No comments:

Post a Comment