Mau Sehat, Sertakan 3 Bahan Ini Pada Masakan Anda



Bawang Putih

Bumbu masakan ini mengandung senyawa yang disebut alisin (allicin) yang dapat membantu proteksi jantung, membantu menurunkan kadar kolesterol "jahat" dalam darah, memperlambat laju pembentukkan aterosklerosis, dan menghambat pengerasan pembuluh darah arteri dengan menurunkan kekentalan dalam darah. Demikian menurut Carl Germano, RD, seorang ahli nutrisi klinis di Basking Ridge, Mew Jersey, Amerika Serikat. "Penelitian juga menunjukkan bahwa bawang putih mampu menurunkan tekanan darah. Darah yang lebih encer dan tekanan darah yang lebih rendah akan membuat aliran darah lebih lancar. Berati jaminan bagi kesehatan jantung." Demikian menurut Carl Germano. Seberapa banyak anda harus mengkonsumsinya? Satu siung bawang putih, tiga sampai empat kali dalam seminggu. Boleh dimakan mentah atau dicampur dalam masakan.

Kunyit

Bumbu yang satu ini sering digunakan dalam banyak masakan. Paling dikenal sebagai penghambat penyakit artritis reumatoid yaitu saat dimana sistem imun melemah, maka cendrung menyerang dirinya sendiri dan merusak jaringan-jaringan tubuh sendiri. Banyak penelitian membuktikan bahwa kunyit memperkuat sistem imun. Dengan demikian kunyit tidak hanya memproteksi tubuh dari serangan artritis, tapi juga mampu membantu memerangi infeksi. Terutama pada lansia yang fungsi imunnya makin melemah dan makin tidak efektif.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun kays akan lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan salah satu jenis lemak yang mampu menurunkan kadar kolestrol "jahat" LDL dan meningkatkan kadar kolestrol baik "HDL". Penelitian menyebutkan bahwa polifenol yang dikandung minyak zaitun sangat efektif menghambat oksidasi dari kolestrol LDL yang merupakan faktor penyakit kardiovaskuler. Ketika LDL teroksidasi akan terbentuk plak pada dinding pembuluh darah arteri. Sedangkan lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam minyak zaitun dapat membuat sel-sel kulit lemas (fleksibel), berkilau, tidak keriput. Selain itu anti oksidan di dalam minyak zaitun dapat secara nyata memperlambat proses penuaan pada kulit dengan cara mebstabilkan membran sel plasma yang menimbulkan garis-garis penuaan pada dinding kulit. Pergunakan minyak zaitun untuk campuran salad atau masakan lainnya, dua sampai 3 sendok makan per hari atau dengan mengkondumsi segenggam buah zaitun sangat baik sekali untuk kulit dan penurunan kolestrol.


No comments:

Post a Comment