Ini Beberapa Tips Dari Ahli Herbal




Ini saya tuliskan artikel beberapa tips menyembuhkan penyakit dari Dr. Setiawan Dalimarta, seorang ahli herbal yang telah berpengalaman dalam pengobatan tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami dan mudah didapat.



Masuk Angin
Jika anda merasa masuk angin yang ditandai dengan keringat dingin, mual, perut kembung atau sebah, anda tidak perlu repot. Ambil saja 1 sendok makan ketumbar, haluskan lalu masukkan kedalam 1/2 gelas air hangat. Aduk hingga rata lalu disaring. Tambahkan madu bila perlu, kemudian segera minum. Akan lebih baik lagi bila anda sesudahnya banyak-banyak meminum air putih dan segera beristirahat. Niscaya, dalam waktu singkat tubuh anda akan kembali bugar. Ketumbar (Coriandrum sativum) atau yang biasa disebut coriander berkhasiat melancarkan sistem pencernaan, meluruhkan kentut, juga memudahkan sendawa. Oleh sebab itu sangat bermanfat untuk mengatasi gejala masuk angin.



Demam
Jika anda atau anak anda demam, cukup mengobatinya dengan brotowali. Caranya, ambil 2 batang brotowali yang panjangnya 5-10 cm, cuci bersih. Potong-potong, kemudian rebus bersama 2 gelas air hingga tersisa separuhnya saja (1 gelas). Setelah dingin, saring dan tambahkan madu secukupnya. Ramuan ini diminum sebanyak dua gelas sehari pada pagi dan sore hari, masing masing setengah gelas. Brotowali (Tinospora tuberculata) bersifat sejuk dan meredakan demam (antipiretik). Selain itu, juga dapat menambah nafsu makan.




Gigi Ngilu
Jika anda menderita gigi berlubang dan terasa ngilu atau nyeri, tak perlu repot-repot cukup sediakan gambir. Caranya, masukkan sejumput gambir ke dalam setengah gelas air hangat. Setelah diaduk, gunakan untuk dikumur-kumur selama 3 menit. Ajibnya rasa ngilu akan berangsur-angsur sembuh. Gambir berkhasiat sebagai penenang dan pereda nyeri (analgesik) alami. Jadi sementara, gambir memang dapat digunakan untuk menghilangkan nyeri pada gigi berlubang. Namun, supaya nyeri tidak datang kembali, gigi yang berlubang tersebut tetap harus dirawat dan ditambal oleh dokter gigi.


No comments:

Post a Comment