Suka Makan Jengkol? Ini 10 Cara Mengurangi Bau Mulut Setelah Makan Pete dan Jengkol


Satu hal yang membuat orang enggan mengonsumsi jengkol atau pete adalah masalah bau. Seperti diketahui bersama, usai mengonsumsi jengkol atau pete, orang akan direpotkan dengan bau tak sedap yang dikeluarkan baik lewat mulut maupun saat buang air kecil.

Namun sebenarnya, bau tak sedap ini dapat dihilangkan atau setidaknya diminimalisirkan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan.

1. Gunakan Obat Kumur


Banyak orang yang menggosok gigi untuk menghilangkan bau tak sedap usai mengonsumsi jengkol. Namun cara ini biasanya kurang ampuh. Bau tak sedap masih dapat tercium dengan kuat. Untuk itu, gunakan obat kumur usai menggosok gigi. Selain ampuh menghilangkan bau, obat kumur juga mampu mengangkat plak atau sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Mulut pun dapat kembali lebih segar karenanya.


2. Menguyah Beras


Kunyahlah beras mentah untuk menetralisir bau menyengat jengkol. Cukup ambil sejumput beras lalu kunyah sampai hancur. Bila baunya masih terasa, lakukan hal yang sama kembali hingga bau tersebut hilang. Sifat beras yang kering membuatnya mampu menyerap apa saja, termasuk asam dari jengkol sehingga bau mulut akan hilang.

3. Mengunyah Kencur


Kandungan antibiotik dari kencur dipercayai mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Karenanya, kunyahlah kencur, meski rasanya agak getir, usai mengonsumsi jengkol atau pete.

4. Menggunakan Kopi Hitam


Kunyah bubuk kopi tanpa pemanis apapun. Biarkan rasa pahit dari kopi terasa mendominasi. Rasa pahit ini akan menetralisir bau tidak enak yang ditimbulkan usai mengonsumsi jengkol. Untuk takarannya, kira-kira seukuran satu kepal tangan atau sekitar empat sendok makan.

5. Minuman Bersoda


Minuman bersoda juga dipercayai dapat menghilangkan bau jengkol yang menyengat.

6. Air Garam


Ambil garam lalu larutkan dalam air hangat. Pakailah cairan ini untuk berkumur-kumur. Dijamin bau jengkol akan minggat.

7. Menguyah Perment Mint atau Permen Karet


Mengunyah permen mint atau permen karet juga mampu menghilangkan efek bau tidak sedap jengkol.


8. Konsumsi Susu


Mengonsumsi susu juga dapat mengusir bau tidak sedap dari jengkol. Kandungan susu dipercayai mampu menetralisir bau tak sedap tersebut

9. Konsumsi Buah


Beberapa jenis buah-buahan ternyata manjur untuk menghilangkan bau menyengat jengkol. Di antaranya adalah buah jeruk, strawberry, apel dan semangka.

10. Minum Teh Hijau


Teh hijau mengandung zat antioksidan yang baik untuk mulut dan tubuh. Minumlah setidaknya segelas teh hijau tanpa campuran gula. Minuman ini dipercaya juga mampu mengusir bau tak sedap jengkol atau pete.

Demikian 10 cara jitu menghilangkan bau jengkol atau pete usai mengonsumsi makanan tersebut. Semoga cara-cara ini dapat membantu menghilangkan bau tak sedap tersebut. Tentu saja, agar acara makan jengkol atau pete berjalan lancar tanpa khawatir dengan baunya yang menyengat.

Referensi:

http://www.loop.co.id/articles/7-cara-jitu-untuk-menghilangkan-bau-pete-dan-jengkol-dari-mulut-kamu

http://wartamedika.com/cara-menghilangkan-bau-jengkol/

https://halosehat.com/tips-kesehatan/kesehatan-mulut/cara-menghilangkan-bau-jengkol-di-mulut-dengan-cepat

No comments:

Post a Comment