Cara Mudah Cek Madu Asli Atau Palsu


    Meskipun tergolong dalam makanan paling sehat yang bisa kita konsumsi, kita cenderung susah mendapatkan madu asli di pasaran. Kebanyakan madu sudah menjadi madu ‘oplosan’ yang telah dicampur kandungan gula atau kandungan lainnya yang sayangnya tetap saja diklaim sebagai madu murni. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memastikan apakan madu itu asli atau tidak.


Memeriksa label


    Pastikan untuk memeriksa label madu yang kita beli dengan hati-hati. Jika anda menemukan bahan tambahan selain madu, maka tentu madu ini bukan madu murni. Hanya saja, banyak madu yang dijual tanpa label kemasan sehingga kita perlu mengujinya dengan cara lainnya.

Menguji madu dengan air


    Ambil sesendok madu dan tuangkan madu ini ke dalam segelas air. Madu murni biasanya akan tetap menggumpal meskipun dimasukkan ke dalam air. Jika madu ini mudah larut, maka madu ini sudah tidak murni lagi.

Menguji madu dengan kertas


    Siapkan kertas dan tuangkan beberapa tetes madu pada kertas tersebut. Jika madu ini merasap pada kertas, maka madu ini bisa dipastikan tidak alami. Madu murni cenderung tidak mudah merembes pada kertas dan tetap berada di atasnya.

Menguji madu dengan roti


    Roti yang dioleskan madu murni cenderung menjadi lebih keras. Sementara itu, roti yang dioleskan madu yang sudah tidak murni lagi justru akan menjadi lebih lembek atau basah.

Mengecek aroma madu


    Madu murni cenderung memiliki aroma yang ringan, halus, namun sangat menggoda indera pernafasan kita. Hal yang berbeda terjadi pada madu yang sudah tidak murni lagi dimana baunya cenderung asam dan memiliki zat berbusa putih di dalamnya.


Baca Juga :


  1. Nyeri Haid, Atasi Dengan Ramuan Alami Ini
  2. Petai dan Sakit Pinggang
  3. Rahasia Ramuan Alami Mengatasi Tubercolosis (TBC)
  4. Ramuan Ampuh Menyembuhkan Keputihan
  5. Ramuan Mujarab Tradisional Mengatasi Asam Urat
  6. Ramuan Rahasia Menghilangkan Rasa Sakit Pada Gigi Berlubang
  7. Ramuan Rahasia Menyembuhkan Penyakit Kuning
  8. Ramuan Tradisional Detoksifikasi Ginjal
  9. Ramuan Untuk Menyembuhkan Penyakit Eksim (Exeem)
  10. Sakit Kepala? Bisa Jadi Akibat Kurang Darah
  11. Sering Sakit Pinggang? Ini Obatnya
  12. TIPS MELENYAPKAN RASA MUAL WAKTU HAMIL
  13. Tips Ampuh Mengatasi Bayi Yang Mencret


Menguji madu dengan kain


Tuangkan beberapa tetes madu pada kain. Madu yang masih murni cenderung akan lebih mudah diserap oleh kain. Setelah dicuci, kain yang ditetesi madu murni juga cenderung tidak meninggalkan noda sama sekali.

Jadi, sudah tahu kan cara mengecek madu yang masih asli dan yang sudah dicampur bahan lainnya?

No comments:

Post a Comment