10 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Jeruk nipis, umumnya digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan, seperti soto dan somay. Ada juga yang mengolah jeruk nipis menjadi sirup atau minuman lainnya.

Buah yang berbentuk bundar, seukuran bola pingpong ini berwarna kuning kehijauan, jika telah masak. Bulir buahnya berwarna putih kehijauan dengan biji di bagian tengah. Rasanya sangat asam, sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk menurunkan berat badan. Selain itu, jeruk nipis memiliki khasiat lain.



https://www.deherba.com/

Seperti dilansir manfaat.co.id (retrieved 22/11/17), satu cangkir air jeruk nipis mengandung 1 gram protein, 20 gram karbohidrat, 1 gram serat, 60 kalori dan 0,17 gram total lemak baik. Jeruk nipis juga mengandung 73 mg vitamin C, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, vitamin A dan B. Unsur lain yang dimiliki jeruk nipis adalah favonoid dan asam sitrat. Semua unsur itu berguna bagi tubuh, seperti ditulis berikut ini:

1. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis membantu meningkatkan imunitas tubuh terhadap serangan bibit penyakit. Tubuh akan menjadi kebal dan tidak mudah terserang penyakit.

2. Asam sitrat dan Vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis merupakan antioksidan yang membantu meningkatkan metabolisma lemak menjadi energi, sehingga lemak tidak menumpuk di dalam badan. Sobat Ucers yang melakukan diet dengan mengkonsumsi air jeruk nipis yang diikuti dengan olah raga teratur tentunya akan mendapatkan hasil yang optimal.

Baca Juga :


3. Fungsi lain dari asam sitrat yang dikandung jeruk nipis untuk mengatasi keluhan sembelit. Asam sitrat bertugas membersihkan organ sistem pencernaan dan memacu gerakan peristaltic (mendorong sisa makanan ke arah bawah) untuk bekerja lebih aktif. Jika sobat UCers mempunya keluhan sembelit, cobalah minum setengah gelas air hangat (bukan air panas) yang dicampur air jeruk nipis pada pagi hari.

4. Program detoksifikasi (proses pengeluaran racun dari tubuh) bisa dialihkan pada fungsi jeruk nipis. Kandungan nutrisi jeruk nipis menetralisir racun dalam tubuh, dan anti oksidannya bisa mencegah kanker.

5. Berdasarkan American Diabetes Association, jeruk nipis dan jeruk lainnya merupakan makanan super bagi penderita diabetes. Kandungan serat pada jeruk nipis membantu mengatur penyerapan tubuh dari gula ke dalam aliran darah, sehingga mengurangi resiko terjadinya kenaikan gula darah pada penderita diabetes.

6. Kandungan flavonoid pada jeruk nipis bisa diekstrak untuk dibuat minyak flavonoid. Menghirup aroma minyak ini bisa mengatasi rasa sesak atau mual.

7. Asam sitrat yang terdapat pada jeruk nipis juga membantu mengatasi radang sendi. Jeruk nipis, seperti jeruk lainnya mempunya sifat anti inflamasi yang berguna untuk mengatasi keluhan peradangan.

8. Kandungan kalium pada jeruk nipis mampu menghilangkan zat berancun dan endapan yang terdapat pada ginjal dan kandung kemih. Konsumsi jeruk nipis dalam jumlah seimbang dan teratur dapat membersihkan penyumbatan saluran.

9. Vitamin C dan flavonoid yang dikandung jeruk nipis juga bermanfaat sebagai antibiotik dan disinfektan. Air jeruk nipis yang dioleskan langsung pada kulit mampu mengangkat kulit mati sehingga kulit akan lebih segar dan sehat. Selain itu pori-pori di kulit akan mengecil dan kadar minyak pada wajah akan berkurang.

10. Air jeruk nipis juga bermanfaat untuk menghilangkan bintik-bintik hitam pada kulit yang diakibatkan dari paparan sinar ultraviolet. Untuk keperluan ini, kupas jeruk nipis dan gosokkan secara perlahan pada bintik-bintik hitam di kulit.

Untuk mendapatkan hasil optimal, tentunya buah ini perlu dimanfaatkan secara teratur dalam jumlah seimbang.

Demikian beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi jeruk nipis. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber:

https://manfaat.co.id/

https://dedaunan.com/

http://www.suplemenkesehatan.net/

https://www.deherba.com/

No comments:

Post a Comment