4 Manfaat Daging Putih Semangka



Saat mengonsumsi semangka, Anda pastilah membuang bagian daging berwarna putih. Bagian itu memang lebih sering berakhir ditempat sampah daripada dikonsumsi.

Bagian antara kulit hijau dan daging merah buah semangka ini memang tawar dan sedikit keras, tidak seenak daging buahnya yang renyah, manis, dan berair.

Meskipun terasa hambar, ternyata bagian putih itu punya manfaat buat tubuh Anda.

1. Melawan radikal bebas

Menurut Journal of the Science of Food and Agriculture, dalam kulit dan daging putih semangka ditemukan senyawa citrulline yang berperan mengusir radikal bebas. Senyawa itu juga bisa dikonversi menjadi asam amino yang melindungi jantung dan sistem kekebalan tubuh sehingga ampuh menjaga tubuh dari racun berbahaya.

2. Meningkatkan libido

Daging putih semangka ternyata juga bisa membantu pria dengan disfungsi ereksi ringan sampai sedang. Penelitian dari Texas A&M's Fruit and Vegetable Improvement Center mencatat bahwa citrulline dalam kulit semangka juga bisa membuat pembuluh darah rileks sehingga baik membantu ereksi. Karena kemampuannya itu, daging putih semangka Viagra alami.

3. Mengontrol tekanan darah

Mengonsumsi daging putih semangka bisa jadi jawaban bagi kita yang ingin mengontrol tekanan darah. Beberapa penelitian menunjukkan semangka dapat membantu mengontrol tekanan darah dan bersifat diuretik (meningkatkan produksi urine) sehingga cocok untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

4. Menurunkan berat badan

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung senyawa citrulline bisa menurunkan 30% kemungkinan kenaikan berat badan. Hal itu disebabkan senyawa ini bisa membuat pembuluh darah dan otot menjadi rileks sehingga orang yang berolahraga akan lebih sedikit merasa lelah dan bisa memperpanjang durasi latihan mereka.
Daging putih semangka yang tawar rendah gula dan rendah kalori. Bagian ini juga kaya akan vitamin c dan vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh setiap hari.
Agar bisa dikonsumsi, daging putih semangka dapat diolah dengan berbagai cara. Daging putih ini punya tekstur mirip timun sehingga cocok dijadikan acar. Tambahkan garam, gula, dan cuka ke potongan daging putih buah semangka dan diamkan semalaman. Rasa hambarnya akan hilang tergantikan dengan kesegaran acar yang lezat.

Cara lain, tambahkan ke dalam jus buah untuk minuman sehat di pagi hari. Blender bersama yoghurt, susu atau buahan-buahan lain. Dengan begitu, Anda akan bisa mendapat nutrisi baik dari daging putih semangka, tapi dengan rasa yang tetap lezat dan cara yang menyenangkan.

No comments:

Post a Comment